Oh jadi begini nih rasanya punya anak dua

 Alhamdulillah akhirnyaaaaa.. sampai juga di tanggal sebelas. Sebulan sudah saya jadi ibu beranak dua *tumpengan*



Bulan ini banyak hal yang terjadi, I am still trying to survive by adjusting our daily rythm.

Di minggu pertama:
Ketika baru ngelahirin rasanya romantis luar biasa, setelah 6 jam adek lahir Griya Bunda Sehat nyiapin pool baru lagi khusus buat saya, ayesha dan agni mandi sama-sama. Rasanya nyaman banget berendam bareng kedua putriku. Ayesha sangat menikmati (awalnya, trus gak sengaja kakinya nyeggol plasenta adek dan dia teriak "HUAAAA APA ITU ADEK ADA BUNTUTNYA!!! ") malam harinya Ayesha bingung gimana tidurnya karena biasanya dia peluk saya. Untuk pertamakalinya malam itu dia cuma bisa meluk dari belakang. Rada sedih gitu deh anaknya.
Sebelum pulang saya diwanti-wanti bidan neny untuk serius dan disiplin nenenin Agni tiap dua jam minimal, karena bobotnya besar dia butuh asupan banyak, jaga-jaga jangan sampe kuning,  saat itu ASI blm mancur juga, saya dibekali ASI donor buat tambahan selagi nunggu produksi ASI sendiri bisa meningkat. Tantanganannya krn bangunin agni itu susah banget MasyaAllah.. Jadi malah semangat begadang, pasang alarm biar gak kecolongan anaknya gak nenen.
Nah di minggu pertama itu Ayesha kayak burung lepas gak tentu arah (perumpamaannya kok absurd ya),  dan itu bikin saya mellow rasanya kasian banget sama anak ini. Hal-hal kecil diappreciate banget sama dia, walaupun cuma nyuapin atau mandiin, dia juga seneng dipotongin kuku sama ibunya, berdua aja di teras rumah, itu slice of joy versinya ayesha.
Minggu ke dua:
Pagi-pagi perut mules rasanya kayak kontraksi mau ngelahirin lagi. Pas banget bidan neny ngecek kabar. Setelah cerita dirujuk dan dianterin bidan-bidan GBS buat berobat ke siloam, dari gejala sih katanya cuma butuh antibiotik, ternyata sampe sana saya divonis suruh kuret, tanpa banyak penjelasan, tanpa dikasih pilihan untuk minum obat dulu. Nangis sejadi-jadinya.
Di rumah sakit nginep 2 malem, adek behave so well, Ayesha stress di RS, Siloam dan para tenaga kesehatan bersikap sangat nyebelin. Rasanya masa-masa itu adalah hal yg paling gak enak dan traumatis selama postpartum sebulan kemarin.
Tapi di minggu itu juga hal terbaik terjadi. AKU KETEMU ROBIN LIM. I am out of words,  setelah melahirkan secara gentle bisa ketemu sama gentle birth hero. Saya curhat sama ibu robin tentang semua perlakuan siloam ke saya, ibu robin kecewa banget, hati ini lebih ringan karena bisa bertukar pengalaman. Kami hanya bertemu sehari, tapi energinya luar biasa. Dia kayak mentransfer cinta ke semua orang yang ketemu dengannya. Sayapun menangis, tangis bahagia.
Minggu ke tiga:
Perjuangan dimulai.. Mama pulang.
Beberapa malam sebelumnya rasanya freaked out. Parahnya lagi, lusanya suami berangkat tugas ke luar kota. O M G.
Ribetnya gak usah ditanya.
Minggu ke empat:
Pelan-pelan menyesuaikan diri, bangun harus lebih pagi, kejar-kejaran antara masak, nyiapin mandi adek, nyuapin ayesha, nyuapin diri sendiri. Baru sampe di lantai bawah adek manggil-manggil, sampe atas ngelonin lagi, baru tidur ayesha berisik grrrrrr!
Ayesha bukannya gak sayang, justru dia sayang banget, dan penasaran banget sama adeknya, tapi caranya.. Huhuhuhu *jambak jambak rambut* suatu hari pernah adiknya nangis2 di atas, setelah disamperin dia sudah bermandikan baby oil.. Kata kakaknya  "anya ko mijitin adek bu", lalu pernah saya baru melengos sebentar aja adeknya udah megap megap karena ayesha berusaha mencongkel hidung adeknya.. Duh gustii "kasian bu adek ada upilnya"  dan tadi pagi adiknya ditusuk katanya dia lagi main dokter dokteran, adek jadi pasien. Untung agni gak nangis, entah kulitnya ketebelan atau kakanya pelan-pelan.
Sampai sekarang rasanya saya masih belum betul-betul settle down, tapi dari semua kerepotan yang ada, untungnya prilaku agni as a newborn sangat memudahkan, suami pun sabaaaar banget, ketika Ayesha lagi konslet begini bapaknya merespon dengan bijak dan toughtful, dan ketika istrinya masih rewelpun dia selalu coba untuk nanya apa kebutuhan saya dan menawarkan apa yang bisa ia bantu. Harusnya I am beyond grateful.
Sekian cerita bulan pertamanya beranak dua, kayaknya aku butuh kelas parenting tingkat advance.

Komentar

Postingan Populer