Kenapa Buru-Buru dimasukin Sekolah?

Akhirnya saya masuk juga ke zona waktu bagian ibu ibu yang galau mikirin sekolah.
Dua tahun yang lalu ketika kegiatan bermain di rumah lewat metode Montessori mulai berkembang banyak orang tua yang tertarik dan ikut mangaplikasikannya di rumah, dari momentum itu banyak ibu yang mulai sadar tentang kebutuhan anak pada kegiatan bermain, sadar tentang efek kurang baik pada paparan gadget-screen berlebihan, yang awalnya hanya tahu tentang golden age sekarang tahu lebih dalam lagi bahwa di usia keemasan itu ada yang namanya sensitive period dimana muncul ketertarikan anak pada suatu hal spesifik.

Dua tahun ini rasanya maju mundur, awalnya semangat 45, nanti mundur karena anaknya mulai bosan, lalu mentok di kreativitas, lalu ketemu pencerahan lagi, kemudian semangat lagi. Salah satu keuntungan dari era ibu milenial seperti ini buat saya adalah kemudahan dan dorongan rasa percaya diri bahwa rumah adalah tempat pertama yang terbaik untuk anak belajar. Sumber informasi begitu mudah didapatkan untuk mencari inspirasi kegiatan di rumah.

Saat ini sayangnya semangat nggak berbanding lurus dengan waktu dan tenaga. Ayesha baru saja punya adik dan rasanya saya masih juggling dalam membagi perhatian.

Sudah lebih dari sebulan ini Ayesha bosan sekali di rumah, adik barunya memang lucu tapi masih terlalu kecil untuk diajak main bersama, kerjaannya kalau nggak tidur ya nangis, pup atau pipis. Kalau adik tidur Ayesha nggak boleh membuat suara, kalau berisik adik bangun lalu bubu ikut marah. Kalau lagi baca buku kadang adik juga terbangun, akhirnya isi cerita jarang ada yang dibaca sampai tuntas.

Suatu hari ayesha mengajak main dokter dokteran, ibu lagi masak sedangkan bapak gendong adik. Ayesha panggil-panggil tapi nggak ada yang bisa diajak main.. Dia bilang "gimana nii semua lagi sibuk, anya main sama siapa?"

Sehari-hari kalau ibu lagi sibuk dan adik lagi rewel nggak sengaja ayesha lihat tv, kalau sudah terlanjur lihat bisa repot nyuruh berhentinya.

Kasihan, setiap hari rasanya dia udah mentok banget.

Minggu ini rencananya mau nyobain utk trial dulu di beberapa sekolah. Wish me luck!

Komentar

Postingan Populer