Kelas parenting KeluargaKita - Disiplin Positif

Dua hari yang lalu saya ikut kelas parenting dari KeluargaKita yang temanya Disiplin positif, Saya menunggu-nunggu kapan waktunya saya bisa mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari, selama dua hari kemarin masalahnya masih seputar Ayesha yang mau jajan ke minimarket,  setiap lupa dia akan teringat lagi karena minimarket itu tiap selemparan sendal jepit ada kaan.. Ada waktu-waktunya dimana dia udah sampe ngerengek ibooo aku mau ke arfamart! Saya udah kasih pengertian ayesha boleh ke sana hari Jumat aja,  tapi mana tau dia jumat itu apa.. Sebelum berdebat saya baru inget,  seumuran dia itu kan masih gampang banget kedistract,  yaudah diajakin ngobrol lagi dan lagi.

Tadi ada kejadian lagi,  ada shelf buku di atas kepala tempat tidur,  saya naruh kereta kayu disana,  ayesha narik tanpa sepengetahuan dah bruk.  Kesel banget ngga siiiih.. Trus tadi saya mikir "tenaang tenaang" ayesha ini udah malem kan kita tadi udah bilang mau tidur, ayok keretanya dikembalikan ,  dia udah bilang tidak mau trus kubilang ayo ibu bantu kembaliin satu satu *mana partsnya banyak* tapi gak mau pasang muka annoyed nungguin dia yang niat banget kembaliin semua parts satu persatu krn saya lagi eksperimen mau cobain dia jalanin konsekuensi dari kesalahannya.
Sekali lagi saya musti inget,  jump in ke. Minta maaf di umur segini gak nyelesein masalah.

Malem ini ayesha belum tidur2,  dengan stok alesan yang segudang,  bu bobo peluk, kukunya kakiknya sakit,  ambil betadine sama plester,  bu mau pake selimut kelinci, ambilin, bu minum, sampe eyangnya nanya yaampun kok masih belum tidur?. .  sampe saya bosen ngeladenin dan jd ngerjain kerjaan lain berharap ayesha bakal ngantuk klo ada aktivitas.

Lalu dia bilang bu ekornya sakit? Hah pantat?  Bukan *dia nunjuk paha* mulai gak. Konsisten ngasitau mana yang sakit. Trus dia terisak, mukanya sedih banget,  saya pijitin.  Trus kasih peluk,  nangisnya makin menjadi.. Sesenggukan yang sedih banget gitu.. Bingung kan udah malem takut ngebangunin yg lain trus bikin panik.

Trus saya keingetan mba yulia bilang yang bagian dmn bahwa anak butuh belajar mengendalikan emosi dlm hal ini nenangin diri,  saya sering begitu,  nangis gada sebab biasanya krn hormon,  ada emosi yg blm keluar atau lagi ada seseorang yg dikangenin.  Hati saya berkata dia kangen bapaknya,  dia terisak terus,  isakan yang mirip sekali sama saya, buat yang baca mungkin kayaknya drama buat saya terdengar pilu. Saya juga lagi sedih,  lagi kangen suami,  kangen mama.

Akhirnya saya bayangin,  apa yang bisa bikin saya tenang?  Guru saya selalu ingetin wirid. sambil bertasbih sambil saya usap dadanya,  ritme tangisannya masih turun naik cuma saya pikir,  klo saya diposisi stress,  ada yg ngusap2 sambil istigfar lama2 diem juga nanti.  Dan akhirnya dia tidur.

Trus bacaan wirid apa sih yg bikin tenang? Wirid yg dilakukan dengan ikhlas kan..

Kemudian saya pikir,  semua hal yang bisa membaik itu kan karena ada pertolongannya,  pertolongan datang kalau kita ikhtiar dan meminta,  setelah semua itu dilakukan kita butuh tawakkal, menunggu..  Dan belajar tenang itu yang akan membantu kita ikhlas nunggu.

Menenangkan diri adalah hal yang sebenarnya begitu abstrak di kehidupan saya, pas udah masuk kelas pun saya masih ngawang.  Pada akhirnya ketika ketenangan saya terganggu karena anak sedang tidak tenang saya baru ngerti mengapa sebegitu haramnya hukuman reward dll.  Krn dalam hidup kedepannya menenangkan diri itu tidak dapat bergantung pada apapun,  tidak pada hukuman, ancaman,  atau sebaliknya iming-iming hadiah.  Dimasa depan ketika hidup lebih rumit semoga anak bisa mencari ketenangan yang sebenarnya letaknya di dalam dirinya sendiri.

Hal ini bila sudah dipahami triknya akan membantu kita dalam penerapan disiplin,  jadi kalo gagal, coba kita balik lagi ke bab I yaa hehe.

Komentar

Postingan Populer