Disapih

Ayesha, ibu seneng deh kita udah sampe di Balikpapan lagi. Walaupun udah kebayang duluan repotnya ngurus rumah sementara Ayesha harus adaptasi tapi ibu bahagia kita balik lagi bertiga sebagai tim. Bapak Ibu Ayesha.

Hari pertama ibu capek banget, Mbak juwita gak akan ke rumah lagi setiap hari senin dan kamis karena ada adek bayi di dalem perutnya, Mbak Ju harus istirahat.
Besoknya koper masih belum di unpack. Ayesha pagi-pagi ikut anter bubu beli sayur untuk kita makan, pulangnya ibu tuang beras di rice cooker untuk bikin nasi, ibu gak inget kalo itu tugasnya Ayesha..gak lama ada yang lari teriak "anya ajaaaa tuang beraas.." iya deh.. berasnya dituang lagi ke container.

Ayesha masih penyesuaian untuk bisa bobo sementara ibu jam satu siang itu udah ngantuuuk banget karena udah ngerjain segala macem dari pagi, Ayesha nangis minta main di lantai bawah padahal ibu tau Ayesha udah ngantuk juga. Ibu gendong gak mau, ibu puk puk gak mau, ibu peluk gak mau. Ayesha teriak-teriak samapi suaranya habis.
Akhirnya ibu marah..ibu bilang boleh kalau mau main tapi di kamar, gak usah turun ke bawah. Waktu itu Ayesha sedih sekali lihat kening ibu berkerut dan mata ibu membesar. Ayesha langsung sesenggukan di pangkuan ibu dan gak lama kemudian tidur.

Ibu sedih sekali, malah jadi gak ngantuk lagi. Ibu harus bikin Ayesha gak sedih lagi. Ibu inget masih berhutang bikinin cash register mainan karena Ayesha lagi suka sekali main belanja-belanjaan.
Satu jam lebih dihabiskan untuk motong, menggunting, menempel, menghias.. Ta daa.. udah jadi.

Ayesha tidur sebentar sekali, bangun dengan wajah kusut yang langsung berubah jadi senyuman malu malu pas lihat mainan baru. Ayesha main terus gak berhenti sampai sore.

Besoknya kita mengulang ritual favorit, pergi beli sayur sama ibu! Ibu belanja ikan dan sayuran. Ayesha bantu cuci-cuci semua ikannya sementara ibu ngeluarin isi perutnya, ibu heran deh..walaupun bau amis kayaknya rasa penasaran Ayesha lebih besar ya daripada rasa takut tangannya akan bau?
Ayesha senang sekali ibu kasih tugas untuk kasih ikannya air jeruk dan taburin garam, bahkan sepulangnya Bapak kerja Ayesha dengan bangganya bilang "ini Anya yang cuciii.."
Di hari itu walaupun masih nangis-nangis ibu tau Ayesha udah mulai terbiasa sama waktu tidur.

Pagi tadi ibu kebangun karena Ayesha buka selimut yang menutup muka ibu.."BAA.." hadiah termanis yang bangunin ibu, lihat wajah Ayesha ceria :)
Tadi pagi kita sama-sama bersihin kamar mandi, Ibu pake sikat besar dan Ayesha pake sikat kecil, semangat banget bantuin ibu.
Setelah selesai ibu liat ayesha masukin sikat ke mulut, ya ampun..ibu kesel lagi.. itu kotor banget. Ibu udah mau marah, tapi gak bisa karena ibu janji untuk nahan marah. Ibu cepet-cepet ambil air biar Ayesha minum.

Ayesha, setiap hari ibu masih berjuang biar gak kesel, biar gak marah-marah sama Ayesha. Gak semua hari indah, kadang ada hari yang kacau, kadang ada hari yang repot, kadang ada hari yang menyebalkan.

Tapi bagaimanapun itu, ibu gak kebayang hari tanpa Ayesha. Pasti hidup ibu akan sepi sekali, jadi harusnya, apapun keadaannya harus ibu syukuri.

Kalau dengan menyapih Ayesha bisa membuat kita jadi naik kelas berarti kita harus tempuh sama-sama, enak gak enak tapi ibu yakin pada akhirnya kesabaran akan berbuah manis.

Semangat Ayesha 😘

Komentar

Postingan Populer