Wanita (ber)karir

Pagi-pagi biasanya tukang sayur lewat depan rumah, kalau sudah dipanggil ibu-ibu lain pun akan ikut mengerubungi si abang. 
Tak lama kemudian ada salah satu ibu yang datang tergopoh-gopoh, dengan baju rapi, sepatu pink, eyeshadow hijau menyala doi berujar "aduh abis ketemu orang nih.." Duile sibuk bener..
Belum sempat menjawab si ibu sudah ngomong lagi "
"aduh..kalo di rumah ngetik sambil gendong... Kalo janjian di luar anak nangis.." 
Duile menderita bener bu? Sampe disebut-sebut..

Dan saya nyeletuk.. "Ya gitu deh kan perjuangan seorang ibu.."

Sudah bisa dipastikan, pulangnya saya kepikiran.. Ternyata buat ibu yang sudah berumahtangga label pekerjaan yang 'didepan laptop' apalagi 'ketemu orang' itu keren banget ya. Terdengar parlente dan berkelas, menjadi label yang dengan bangga bisa dipajang di bio social media.

Saya salut pake banget sama ibu bekerja, saya gak kebayang ninggalin anak di rumah, selain krn kondisinya kami tinggal di daerah yang tanpa saudara dekat ataupun orang kepercayaan, saya memang nggak kuat hati ninggalin anak. Lembek I know, apalagi saya orangnya moody banget, jempol deh buat working mom yang masih punya tenaga ketika pulang ke rumah, masih bisa bonding dan anak terbina dengan baik *menjura*

Di Balikpapan saya mencari solusi lain, sudah 3 bulanan lebih bisnis makanan saya berjalan, belum bisa dibilang besar, awalnya malah cuma jual sarapan di kompleks rumah, tetangga juga taunya saya si tukang bubur. Minder? Ah enggak. Toh saya udah pernah punya label project director, been there done that.  Untuk project yang sekarang senengnya, Alhamdulillah pesenan udah makin banyak, inspirasi juga macem-pengen bikin silky pudding, homemade nugget sama rendang. Banyak deh idenya.. Dan saya gak sendirian, banyak ibu-ibu lain di sekitar yang bersamaan merintis usaha ini, yang paling penting bisa sambil monitor anak di rumah. Belum lagi di kompleks kami baru aja dibangun posyandu dan PKK yang ternyata manfaatnya langsung ke masyarakat, kalo gitu kenapa saya harus pergi jauh-jauh?

Dari perjalanan hidup dalam berkarir sejak lajang sampai saat ini Alhamdulillah saya cukup puas, saya gak bakal punya rasa pede seperti sekarang kalau belum melewati hal yang lalu-lalu. Pengalaman PR, marketing, dan sekolah komunikasi tentunya harus bermanfaat, gak diaplikasikan ke dunia corporate pun gakpapa karena masih banyak area lain yang perlu digarap. 

Buat saya Kalau semua ibu-ibu kerja gak akan ada peran perempuan di masyarakat. Akan tetapi kalau semua ibu di rumah, negara dan industri kita mau jadi apa? Semua ada porsinya, semua ada masanya, semua ada pilihan dan konsekuensinya. Whatever works for your family, whatever floats your boat.

Jadi, buat ibu manapun yang sedang struggle, wanita manapun yang sedang dihadapkan pada pilihan, lakukanlah apapun yang membuat hatimu hidup. Semangat terus ya :)

Komentar

Postingan Populer