Menjaga hati dalam episode sakit

Tiga bulan terakhir selama liburan di Jakarta dan sekitarnya saya ngerasa jauuuh banget ibadahnya, nggak nyalahin Jakartanya kok, emang saya aja yg turun abis-abisan.
Kami sekeluarga udah balik lagi ke kehidupan di Balikpapan, Mas Nanta ngantor, saya ngurusin Ayesha dan baru mulai jualan sarapan lagi. 

Malem minggu yang lalu saya ngerasa sakit banget punggungnya, gak bisa tidur karena nyut-nyutan dan pedih, sampe jam dua saya masih dalam posisi duduk. Akhirnya mijit punggung sendiri dan mendingan, gak lama kemudian berganti perut kanan bawah yang sakit, sakitnya gak pernah dirasain sebulumnya, perih dan berdenyut. Mas Nanta sama Ayesha masih pules berdua, walaupun udah gak tahan saya gak bisa bayangin tengah malem kami ke rumah sakit dalam keadaan Ayesha manggil-manggil ibunya dan Mas Nanta yg kelimpungan harus ngurus anak istri. Tau-tau keinget punya spasminal, langsung minum, lama juga blm ilang-ilang. Yang saya inget baru aja ketiduran Aya udah bangun minta nenen. Rough night indeed.

Senin kami ke Siloam buat periksa, kebetulan lagi bermasalah juga kalo pipis sakit, jadi udah curiga sakit perut kemaren ini udah mesti deh bagian ginjal, tapi kok perih banget ya? Dokter merujuk untuk ultrasound dan cek urine, ternyata emang lg infeksi tp ususnya baik-baik aja kok.

Udah berobat selama 3 hari, Udah kontrol, dokter bilang kondisi saya membaik. Tapi malem ini masih tetep sakit perutnya. Barusan saya nelpon Uwa, panggilan untuk guru ngaji saya yg sudah seperti ayah sendiri, saya minta bantu doa. Trus saya curhat aja, wa..sakitnya di perut bawah kanan.. Kenapa ya? Trus uwa bilang mau di perut kek mau di kanan mau di kiri udah kehendak Allah. Katanya sakit itu bisa dua hal, antara memang sudah qada qadar kita, bisa juga teguran dari Allah. Yah namanya kita manusia emang tempatnya salah anggep aja teguran.. Harus banyak istigfar, banyak berdoa. Baru abis itu ikhtiar, apapun bentuknya mau ke dokter kek mau herbal kek mau dipijit kek. Kan kita berusaha, nanti Alllah yg ngasih ijabah. Gak tau lewat mana sembuhnya.

Glek. Saya udah seminggu heboh cari2 sumber penyakit tapi gak mikir siapa yg ngasih penyakit siapa yg ngasih obatnya, gak introspeksi pula.. Ampun deh. :(

Mungkin pemahaman sakit seperti ini perlu juga diketahui kalau kita sering mendewa-dewakan obat, atau dokternya bahkan Rumah Sakitnya. Atau sebaliknya yang bencik dokter karena yang alami paling betul, eh ada deh yang lebih betul, nyembuhin diri sendiri katanya. Semua niatnya baik pasti ya, tapi karena sesuatu udah terbukti tokcer bukan berarti gak ada kekuatan yang mengijinkan hal itu berhasil, dan sebagai muslim tentunya harus mengimani bahwa sembuh itu kepunyaan Allah. Jalannya aja yang beda-beda.

Dan buat saya cara pandang seperti ini jauh lebih nyaman daripada menerka-nerka dan kebingungan cari obat, soalnya kalau nggak sembuh sensi sendiri. Padahal mungkin kalau mau sabar ya sembuh itu ada waktunya. Untuk jadi pengingat juga bahwa kalau sehat jangan sombong, kalau sakit jangan putus asa.

Kalo udah bisa nerima pemikiran kayak gitu mungkin baru pantes ya sakit jadi penggugur dosa. Soalnya yang susah ikhlasnya :(

Komentar

Rosalina Susanti mengatakan…
Saya juga pas sakit beberapa waktu lalu merenung mbak... sering banget kita tuh lebih 'beriman' sama dokter, tapi lupa bahwa yang memberi sakit dan Maha menyembuhkan itu Allah...

Postingan Populer