Life Lesons of being a Parent

'Pelajaran yang saya ambil sejak hamil sampai dikasih Ayesha sekarang ini:

1. Menghargai hidup, karena ternyata panjang sekali prosesnya buat kita jadi manusia, dengan gitu harusnya kita mikir gak mungkinlah hidup kita itu gak ada artinya. Ibaratnya gini aja deh, duit hasil gaji pasti beda dong sama duit menang undian, yang ada jerihpayahnya pasti lebih bermakna. Kadang saya ngerasa diri ini kok biasa aja ya, di masa masih mencari jati diri kayaknya saya ya mediocre aja gitu. Tapi setelah proses yang panjaaang banget ini baru ngerti, semuanya manusia itu unik, sebetulnya cara kita jadi orang bermanfaat itu gak sama dengan orang satu sama lain, dan yg harus digaris bawahi bahwa bermanfaat itu gak harus seperti yg didikotomikan media *buset bahasanya :))* *fikom garis keras*. 

2. Dari poin di atas, kesimpulannya..hidup itu perjuangan. Semua daya dan upaya harus dikerahkan untuk membuat sesuatu terjadi, selain memang Allah sudah bilang kun fayakun. Klo Ananta gak nyamperin ke jakarta buat propose belum tentu kita nikah, kalo saya memutuskan buat nyerah waktu persiapan nikah belum tentu kita jadi suami istri, kalo saya memilih buat menunda dulu belum tentu hamil, dan pastinya.. Kalo si Ayesha sendiri di dalam perut ga berjuang belum tentu dia lahir dan hidup. It takes two to tango..
Tetep ya semua ijin Allah, tapi kita gak bisa mengharapkan seuatu terjadi tanpa ada dorongan dan tarikan

3. Menghargai waktu
Saya baru kali ini ngerasain begita mewahnya waktu dan kesempatan. Tidur itu mahal yang tak terbayarkan. Bisa sholat khusyu' itu sesuatu yang langka, balik ke wal ashri lagi ya pemirsa.. Rugiii emang manusia Kemana aja gw ketika punya waktu banyak buat sholat, apalagi ngaji..sekarang bisa makan aja udah sukur banget, baru mau nyuap anaknya udah tereak2! *minta dikasianin* so, mamak-mamak zombie, I feel you.. So much.

4. Empati
Mendengar dari hati, kalau anak udah bisa ngomong dari brojol mungkin kita gak akan jadi kepaksa buat mikir apa yg anak kita rasain. Satu bahasa yang seringnya bikin pusing buat didenger yaitu nangis. Dan dalam sebulan gw udah *terpaksa* mulai bisa paham mana laper mana takut mana kesel mana sakit padahal bunyinya sama. Bingung gak lo? Apalagi gueh :)) Berikutnya pelajarin raut muka, bahasa tubuh dqn masih banyak lagi sign lainnya. Luar biasa yaaa... Dulu waktu gadis rasanya kok apatis, sekarang gw istigfar aja deh banyak-banyak dan introspeksi buat jadi orang yg lebih baik lagi.

5. Sabar
Hal yang emang gak ada habisnya selama kita hidup. Seringnya kesabaran diuji pas kita punya masalah, dan punya anak itu pelajaran sabarnya yg paling gede deh selama idup. Gimana enggak, dulu ya bido amet deh ego tetap nomer satu, sekarang gak mungkin, karena ada yg lebih nomer satu dari diri sendiri, anak.. Klo gak sabar bisa gila, kalo gak sabar gak bakal bisa ngejalanin hari hari dengan tetep waras. *waras buibu semuaa?*

6. Ikhlas
Dan cuma yg satu ini sumber kekuatan kita ngejalanin kodrat kehidupan sebagai perempuan, sebagai ibu, pengatur kehidupan rumah tangga. Antara belajar atau dipaksa, makhluk kecil yg gemesinnya luar biasa ini pada akhirnya bikin orang tua pasrah dan ikhlas karena setelah semua hal yg kayaknya ribet, capek, nguras semua daya upaya, punya anak itu nikmat banget. 

7. Kasih sayang
She is the living proof that love is truly blind, I fall in love with her even when I've never met her. And the love grow in our little family, showered us with endless gratitude. Maha Pengasih dan Maha Penyayang hanyalah kepunyaan yang Maha Kuasa, punya anak ini kayak disuruh nyicip kayak apa sih yg namanya love and mercy, makin-makin kagum deh saya sama Sang Pencipta :)


Ayesha, makasih yaaa buat setahun ini nak.. Sayang Ibu dan Bapak mungkin akan kelihatan berbeda-beda bentuknya di tahun-tahun ke depan, tapi Ayesha harus percaya bahwa sayang orang tua itu gak akan pernah luntur. We love you so much!

                       
     

Komentar

Postingan Populer