Kembali nguli - edisi productive mom.

Jauh sebelum memutuskan buat nikah saya emang kepengen jadi ibu yang selalu ada buat anak-anak, karena itu adalah hal yg gak pernah saya dapetin di masa kecil, and simply because my children deserve it. Udah segala macem kemungkinan dipikirin, mau ambil S2 biar bisa jadi dosen jd kerjanya gak setiap hari eight to five, merintis bisnis dan masih banyak lagi. 
Saya resign satu bulan sebelum nikah supaya fokus dan memang nantinya Mas Nanta bakal ngajak pindah for good ke Balikpapan, IMII yang waktu itu sudah dirintis pun dilepas dengan berat hati, bok..tanggung jawab akik udah beda..

Gak lama kemudian hamil dan Ayesha lahir, mama bilang sama saya, sabar nak.. semua ada waktunya. Tahun pertamanya Ayesha emang luar biasa banget, sesuatu yang rasanya sayaaang banget buat ditinggalin.

Di Balikpapan sini saya ngeliat kehidupan ibu rumah tangga pun hampir seratus delapan puluh derajat beda sama Jakarta.. Di Jakarta kebanyakan pada ngantor, anak sama eyang atau babysitter  sedangkan di Balikpapan ibu-ibu full di rumah ngurusin anak bisa sampe 4 orang tanpa asisten sama sekali, itu pun banyak yg dalam kondisi suami kerja offshore dan pulangnya 1-3 bulan sekali! Dan sempet loh sambil bisnis kecil kecilan, ngurus ibu-ibu PKK. Gile..tobat gw.
Akika satu aja udah pake adegan pingsan.. Kalo pulang ke Jakarta temen kantoran ada sih yg pada nanya, elo gak kerja, un? Lah..klo gw kerja anak gw dititipin ama siape, malih? dan kalo pulang ke Jakarta ya, pemirsa..sutrisnoooo rasane semua pengen di beli, racun dunia semuah! Boro-boro ke mall, di rumah aja rasanya udah paling gembel, yang lain outfit head to toe aja branded semua.. Tas Michael Kors, Baju Marks Spncer, Celana Esree, Sepatu Nike.. belom yang diomongin kalo ketemuuu.. pengen bli beli ina ini ita itu..

Mas.. Somehow life is so simple in Balikpapan, yah.. Ujarku pada suwamik. Lah gimana, di Balikpapan sini yg dibahas ibu2 bkn gimana ngabisin duit tp gimana bisa produktif, gimana ngedidik anak, gimana memberdayakan ibu-ibu lain, akhirnya gw jadi ikutan termotivasi juga. Di Jakarta mungkin gengsi kalo gayanya gak keren, di Balikpapan mah gengsi kalo manja.. Heran gw kok disini kloningannya Astri Nugraha semua sik?

Jadi ya karena ini lah saya mencambuk diri *aih bahasanya* biar gak jadi pemalas dan lebih bisa ngasih value ke keluarga, selain materi, ya. Ayesha juga dari kecil biar belajar ngerti, belajar mandiri dan hidup ini pada dasarnya memang kerja keras kan..

Singkat cerita, tetangga yg juga teman baik saya si Mbak Nyar main ke rumah siang-siang bawa semangka ke rumah buat temen ngerumpi, kami emang udah sering ngerjain macem2, sih.. Dari photogrphy service buat family potrait, jual baju juga, macem-macem pokoknya. Cerita ngalor ngidul smpe dua jam akhirny kita kepikiran buat jual sarapan di jalan utama komplek, emang komplek kita masih baru jadi cari barang susah. Jangankan sarapan, pulsa aja kaga ada. Yaudah nekat aja saya jawab Oke! Bertiga bareng ibu sebelah rumah dimulai lah bisnis kita. Mba Niar yg jaga, kita bertiga masing-masin naroin masakan buatan sendiri. Jam 6 udah available, surprisingly jam 8 udah abis! Gile, laper kakaaa?

Rasanya seneng dan bersemangat bangeeet klo dagang larisnya kayak begitu, kadang sampe tutup pun masih ada yg texting nanya masih ada atau ngga.. Wah padahal udah sebisanya dikerjain tapi emang kapasitas disini yang blm bisa saya penuhin.

Utuk ngerjainya biasanya disiapin dari malem, saya punya alat pemberian mertua semacem pressure cooker  tanpa listrik yg dipanasin setengah jam di kompor trus diangkat dan dimasukin ke tempat luarnya, alat tsb bisa bikin makanan mateng dan hangat sampe pagi. Itu dipake buat bikin bubur kacang ijo. Paginya tinggal tambahin gula dan santen. Malem juga bisa digunakan untuk motong2 dan prepping sayuran buat bikin mie goreng, pagi langsung oseng -oseng. Jadi perlu tidur agak lebih malem dan bangun lebih pagi biar semuanya bisa dikejar. Jam 6 saya dtemenin mas nanta sama ayesha buat naro makanan di booth.

Hari pertama keteteran luar biasa, padahal baru nyoba satu macem makanan. Udah mana siangnya ngantuk gak karuan * minta dikasianianin*. Beberapa hari kemudian saya belajar ngatur waktu, semua berusaha disiapin biar gak berantakan, for couple days it seems that I started to dance with the rhythm. 
Pelan-pelan dari hari ke hari keadaan udah mulai teratur karena terpaksa, mau gak mau. Yang biasanya bisa santei sekarang pagi sblm bapaknya nerangkat Ayesha udah harus mandi, masakan udah harus siap , selesai mandi Ayesha main sambil saya beresin rumah, nanti dia makan abis itu gantian emaknya yg makan, siang nanta pulang makan. Malemnya Ayesha main sama Nanta, saya di dapur nyiapin buat besok, kayaknya gampang padahal klo ada salah satu aja yg 'ngaret' yg lain ikut berantakan juga. 

Ternyata, bok cobaan berikutnya dateng lagi. Ayesha sakit. Awalnya meler meler biasa abis itu demam yang makin hari makin tinggi, puncakny sampe 39.7 dercel! Kasiaaaaan.... Dari awalnya yg masih peci ilan abis itu nangis setiap malem, prnah sampe nonstop 2 jam, ampuuun.. Kayak keiris iris ni ati. Gak bisa, udah paling gak tega gw denger suara aya nangis, dan itu berlanjut sampe tiga hari, walaupun intensitas nangisnya berkurang jd tiap jam aja tetep saya gak bisa ngebayangin harus gimana ngadepinnya, semua ibu pasti berandai sakitnya anak dibagi supaya anak-anak busa kebih merasa nyaman.

Setelah berjalan beberapa hari saya nyadar, istri kerja itu yg berat bukan aktivitasnya tapi tanggung jawabnya, uwa pernah bilang bahwa sebenernya ya bagus aja perempuan bekerja karena ngasih value ke keluarga, yang salah karena biasanya klo perempuan udah kerja jadi beda, seringnya lupa prioritas. Setelah capek bekerja keras pastinya gak gampang  trus masih ngurus rumah, anak dan suami klo jalaninnya gak dilakukan dengan senang hati.
Pelajaan baru lagi buat saya. Emang yang namanya ibadah pasti ada cobaannya, dan jalaninnya bener-bener harus pake ilmu ikhlas.
Yuk maree..

Komentar

Postingan Populer