Hati hati

Sudah jadi sifatnya manusia yang memang mencintai dunia, padahal kalo mau diliat secara long term hidup itu masih panjang banget. Kehidupan ya cuma sampe mati aja. Tapi klo hidup kan abis itu ada alam kubur, dan ada akhirat. Makanya udah paling susah deh yg namanya istiqomah, padahal hidup itu hanya tentang dua hal: senang dan sedih.

Kita selalu lupa untuk bersyukur ketika senang, nah..dikala sedih rasanya buat saya udah kayak mau kiamat padahal tugas kita adalah untuk menerima, terima dulu.. Itu sudah qodo qodar. Terima, kemudian ikhtiar, berdoa, habis itu tawakal yaitu menunggu waktu ijabah tiba..kapan? Sabar..

Susah ya? Susah banget klo kejadiannya pas kena sama diri sendiri, waktu masih single kayaknya nanganin cobaan buat diri sendiri aja udah ampun deh, sekarang pas udah nikah nambah lagi tanggungan, klo cobaannya terjadi di orang terdekat seperti misalnya anak sakit tiap hari meraung2 bikin sedih gimana? Gak bisa.. Ya mau gimana.. Allah sudah berkehendak. Kalau gak mau terima gak bisa kabur juga... Dan setelah emosi sedih-sedihan contemplating with the ownself mau gak mau maksain diri buat nerima, baru bisa mikir jernih abis itu.

Kadang hidup itu lucu ya, kalo udah ada masalah dan kalut emang kayaknya gak ada yg adil. Padahal uwa bilang hidup itu sebetulnya nikmat luar biasa kalau dijalanin betul-betul. Nikmatnya ngalahin bercanda ampe sakit perut, ngalahin traveling euro trip sebulan, coba aja sholat pas khusyu, blas.. Nikmatnya langit dan bumi.
Tapi, wa.. Sholat khusyu kok susah banget? Ya mungkin kita sholatnya gak pake iman, gak ditelaah secara hakikat apa yang terkandung dalam bacaan sholat tersebut, apalagi dalem sholat pikirannya kemana-mana.."plakkk" kika ditampar 

Kalo sholat doang ya itu namanya syariat, baik kok..sholat kan perbuatan baik, tapi derajatnya tentu lain dengan sholat yang diimani. Iman lah yang membuat semua hal dalam ibadah kita jadi ada rasanya, maknanya, dan pastinya tinggi nilainya. Uwa masih berlanjut, shalat yg diimani tentu saja harus menjadikan akhlak yg baik, masa orang sholat tutur katanya kasar? Masa orang solat tapi hidupnya iri aja terus? Malu dong sering doain orang lain tp gak bisa liat orang lain lebih seneng dikit  dari kita aja udah misuh-misuh.

Wah berarti mungkin aja selama ini adakalanya nggak kelihatan sama kita tanda kebesaran dan kasih sayang Allah karena menjalani kehidupan ini gak pake iman...

Dan uwa pun menjawab.. hati-hati.

Komentar

Rosalina Susanti mengatakan…
Setuju sama isi tulisan ini mbak :')
Suka malu kalo inget sering ngeluh tiap dapet ujian. Pdhl itu kan saran biar kita naik kelas di mata-Nya ya...
nanda mengatakan…
Iya Mba Rosa huhu akupun sering merasa gitu, mudah-mudahan kita jadi manusia yang lebih baik yaa.. Amiin

Postingan Populer