Ayesha

Alhamdulillah wasyukurillah, telah lahir putri pertama kami Ayesha Kirana Pramahasta.  Proses melahirkan kemarin begitu luar biasa, benar-benar life changing experience.

Seminggu sebelum melahirkan saya check up ke dokter spesialis obsgyn, katanya bayi saya sudah cukup besar yaitu 3.4 kg. agak mengejutkan karena minggu sebelumnya berar baby masih 2.9 kg dan saya ikutan puasa. Dokter bilang kalau minggu depan belum ada tanda-tanda akan melahirkan saya akan diinduksi, saya tawar-menawar dengan ibu dokter bisakah ditunggu aja sampai due datenya tiba. Selama ini mama selalu menanamkan bahwa melahirkan adalah proses yang paling alami, Tuhan telah menentukan kapan dan bagaimana seorang manusia akan lahir, gak perlu dipancing dan dipaksa. tapi dokter bilang kalau kelamaan nanti beratnya akan bertambah terus dan beliau gak mau ambil resiko. 

Pulang dari RS perasaan saya sungguh gak karuan, entah kenapa dokter kesayangan saya rasanya kok malah jadi gak suportif, sempet mikir juga apa yang salah sampe anak saya kok sulit lahir (padahal baru minggu ke -37), apa ikhtiar saya kurang, gimana kalau saya diinduksi, gimana kalau oprasi, gimana kalau nggak lahir-lahir (ya nggak mungkin lah), sampe kepikiran apakah saya belum siap jadi orang tua. Ibu hamil memang begitu, seluruh tanggung jawab ada padanya sehingga bisa bikin kita memikirkan segala kemungkinan yang ada walaupun gak semuanya mungkin. 


Untung banget saya dikasih suami suportif, kita cuma tinggal berdua di Balikpapan, orang tua kami jauh semua. Pada saat itu Nanta yang meyakinkan bahwa semua akan baik-baik aja, bahwa dia yakin anak kami asalah anak yang pintar, dia pun sekarang sedang mencari jalan lahirnya dan akan lahir tepat pada waktunya. Tadinya saya mau majuin tiket mama supaya bisa segera sampe sini dan mendampingi waktu labour, tapi Nanta bilang nggak perlu, biar semua berjalan apa adanya. Kalau lahir tepat waktu Alhamdulillah, kalau lahir sebelum mama dateng nanti dipikirin lagi. Dan sayapun yakin, yang penting ada suami saya.

Malamnya saya masih lanjut tarawih, either di rumah atau jalan ke mesjid. Saya nelpon guru ngaji nanya gimana baiknya, beliau bilang yang nanti ya nanti, Allah punya kuasa. Yang penting sekarang yakin aja pasti dikasih jalan terbaik. Kemudian saya SMS mama, minta doa restu, minta maaf kalau ada salah, walaupun beliau nggak disamping saya, doanya paling manjur dan InsyaAllah bisa membukakan jalan. Akhirnya saya bisa lebih tenang.

**

Tanggal 10 Juli perut saya sudah mulai terasa nggak nyaman tapi masih bisa beraktivitas seperti biasa, dokter minta untuk stop puasa karena harus mengumpulkan tenaga untuk melahirkan. Instead of jalan pagi saya memilih untuk exercise aja di rumah, yg paling saya bisa enjoy adalah jaipongan jadi ya bismillah aja, saya pernah baca klo gerakan goyang pinggul bisa memudahkan pembukaan jalan lahir. 

Tanggal 11 jam 4 subuh kerasa ada cairan yang keluar, rasanya beda.. Udah pasti darah dan pas dicek memang betul ada bloodshow beberapa tetes. Saya langsung kasih tau Nanta dan telpon mama di padang. Kata mama biasanya perlu waktu sehari dari bloodshow sampai lahir, tapi krn mama nggak disini ya bingung juga takutnya kenapa-napa. Jadi saya tunggu aja dulu sampai ada tanda lebih lanjut, nanta saya minta untuk cuti dan tidur dulu supaya dia bisa istirahat. Saya lanjut ngemilin kurma dan exercise sampai jam 7.30 dan kemudian darahnya netes lagi. OK kayaknya mesti ke RS nih, berbekal surat pengantar dokter Nanta nganter ke Siloam yang jaraknya cuma 5 menit dari rumah.

Saya ke UGD lalu diobservasi, midwive dateng untuk cek bukaan. Yassalam! CEK BUKAAN KOK SEREM BANGET YA, sampe sekarang udah paling trauma deh inget tangan masuk ke vajayjay ngobok-ngobok *meringis* itu aja masih jauh katanya, bukaan satu. Suster bidan bilang klo gini masih bisa pulang dulu tapi dokter udah nyuruh rawat, yaudah deh langsung booking kamar.

Jam 11 saya CTG supaya hasilnya bisa dibaca pas dokter dateng, dan ternyata kontraksinya ilang tuh.  Jadi dari awal bloodshow emang sakitnya biasa aja, sampe kamar rawat inap hilang sama sekali *dikerjain gue ama bocah* akhirnya dokter dateng dan ngasih kode ke suster untuk ngasih 'kacang', opo toh kacang..TAUNYA TANGANNYA NGOBOK NGOBOK LAGI MASUKIN PIL *nangis* jadi si kacang ini adalah obat induksi untuk melunakkan leher rahim. Dokter nyaranin untuk tiduran aja selama sejam biar kacangnya gak jatoh, abis itu biasanya akan bereaksi setelah tiga jam.

Karena mama gak mungkin majuin keberangkatan, akhirnya ibu nanta yg berinisitif dateng duluan, nemenin 5 hari sebelum mama dateng. Saya lebih stress mikirin rumah yg berantakan dan akan malu sama mertua daripada mikirin lahiran, setelah sejam boleh bangun saya ajak nanta untuk kabur ke rumah sebentar untuk beberes.. Pasien gila hahahaha

Sampe di Siloam lagi dengan selamat tanpa ketauan suster jam 3 sore, rasanya ada yang menggelayut dr bagian perut ke bawah, sakitnya masih santai, itu sombong banget saya pikir sakit melahirkan ternyata cemen ya kok ibu-ibu heboh banget sih.. Padahal gak tau aja beberapa jam lagi 
Sorenya sakitnya makin konsisten, mama gak berenti2 ngecek by phone, ibu nanta udah otw.

Suster pun bolak balik ngecek tensi dan saya sok-sokan lagi beradegan napas tiup-tiup dengan tenang dan cantik,  dalem hati sambil wirid, sempet pula dipuji pinter.. Idung langsung kembang kempis. Jangan salah, sambil muji ternyata saya dikasih kacang lagi dengan kejamnya. Gak lama sakitnya langsung parah..paraaah bangettt.. Udah mulai terjadi kekerasan dengan adegan tarik tarik baju suami..

Itu sakit banget, seumur-umur gak pernah ngerasain sakit se luarbiasa itu, saya udah meringis sampe hampir nangis, bubar sudah melahirkan cantik gak pake jerit jerit. Suster cek bukaan masih dua Masyaallah mati aja kalo gini.. Saya udah hampir gak sadarkan diri saking sakitnya, nanta sebentar dipeluk sebentar dijambak, dua kali saya minta panggil suster dan hanya ada jawaban 'sabar' .. Kurang sabar apaaa iniii T___T terserah deh suster, saya mau diepidural. Mau disesar, nggak kuat, udah lemes..
Yang terakhir kali saya panggil suster menjelang isya, bu suster iseng cek bukaan lagi dan kaget ternyata beliau udah ngeraba kepala.. Kaget lah, masa dari bukaan 2 langsung 6 :O

Itu beneran langsung heboh, tempat tidur saya digiring ke ruang bersalin, saya diminta untuk tidur menyqmping supaya babynya gak langsung keluar, dokter dipanggil tapi belum juga dateng, dua bidan  lagi pasang apron dan sarung tangan, bagian bawah saya berasa banget kedorong-dorong, saya ditegur katanya gak boleh ngeden.. Ini dari dalem yang ngeden bukan sayanyaaaa...
Nggak tau deh masyaallah sakit banget, memang perjuangan hidup dan mati krn rasanya pengen mati aja saking sakitnya. 

Nanta terus nyemangatin, dia meluk saya sambil nangis.. Dia terus bilang "baby, kamu pasti bisa sayang" saya nggak nyangka suami saya sampe se emosional itu, mungkin dia juga gak tega ngeliat istrinya kesakitan. 
Sementara itu si baby terus kerasa jalan, tentu saja bukan jalan ke mol melainkan ke bawah. Saya dimarahin katanya gak boleh teriak.. Gak bisa susteeer.. Sakit banget :(( siapa suruh ngasih saya kacang sampe dua kali! Untungnya dokter langsung dateng, terburu buru pake apron dan sarung tangan, duduk di depan saya yang lagi posisi seperti singgang ayam di RM Sederhana. "ibu jangqn ngeden, kepalanya udah keliatan ini.. Ayo sabar ya, semangat" 
Pada saat itu saya sempet blackout beberapa detik, kemudian nanta peluk saya bilang.. Baby hebat, anak kita cantik sayang.. Subhanallah.. There she was my beautiful princess, the most beautiful thing that I've ever seen, mahkluk yang lahir dari rahim saya sendiri. Rasa sakit yang luar biasa tergantikan dengan rasa bahagia yang entah kenapa lain rasanya, tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. 

Sekarang dia sedang tidur di pangkuan saya, entah apa yang dimimpikannya. Umurnya sudah sebulan, semoga kamu selalu dalam lindungan Allah, Ayesha Sayang :)


Komentar

Postingan Populer