Pregnant Lady

Since the last three months, finally I am able to open a laptop and surf to blogger .com..

---------

Akhir Oktober yang lalu saya lagi di dapur kosan motongin kacang panjang buat bikin sayur asem, emang badan udah ga enak sejak beberapa hari sebelumnya, tapi pada saat itu vertigo saya sampe kambuh dan hampir pingsan. Akhirnya sayur mayur saya selamatkan dan masukin kulkas, rebahan dulu mak..
Saya nitip Mas Nanta beliin testpack pas dia pulang kerja, ge er amet ya bok hahaha.. soalnya sakitnya aneh dan gak biasanya.. 
Saya dan nanta nggak terlalu ngoyo sih, soalnya ya se-dikasihnya aja.Ada seorang tante yang bilang untuk nikmatin aja dulu, tapi saya nggak berani, karena ada Yang jauh lebih tau siap enggaknya kita (disini sotoy dimulai). Hari itu semaleman saya tidur dengan mimpi yang luar biasa absurdnya karena gak sabar nunggu pipis pertama di pagi hari.

A mother's feeling was right
Jam 5 subuh saya kebangun karena kaget denger azan, buru-buru pipis dan siapin tespack (gak sante), yang lebih gaksante adalah testpacknya yang sejak baru dicelupin langung dua garis :))))..
yaudah saya langsung solat subuh, berterimakasih banget sama Allah SWT langsung dikasih tanggung jawab :')

Di hari kehamilan tsb kita juga dapet berita bahwa pengajuan penyewaan rumah udah diapprove, jadi bisa langsung pindahan. Subhanallah dobel dobel rejekinya, percaya kan pemirsa yang namanya rejeki buat anak hehehe

Setelah saya tau hamil ya haha hihi aja soalnya belom ngerti juga, itu salahnyaa *toyor pala sendiri*. Buat pemirsa yang expect cepet, luangin waktu untuk cari tau hamil itu kayak apa. Saya pas awal nikah udah heboh bnget pengen buka bisnis catering lah, ngerenov rumah sendiri lah, bikin taman lah *bok, situ astri nugraha?* 
tau tau kebangun pagi dalam keadaan teler, pusing, kliyengan dan mual-mual. INI ABIS TEROMBANG AMBING DI KAPAL APA YA??
Saya di rumah cuma berdua ditemenin teh euis yang lagi berkunjung ke BPN, sedangkan suami pergi business trip ke samarinda T____T
Siang malem teteh nanyain mau makan apa, ohmhgawdh i lose my apetite..gak mau makan apa apaa :((

Inikah yang namanya hamil sodara - sodara? Saya pengen banget hamil keren yang melankolis kece ala-ala gitu *harap diartikan sendiri*
Soalnya kalo liat dian sastro di iklan prenagen kayaknya indaaaah banget, "hamil itu menyenangkaan" *lempar sepatu* harusnya saya yang terharu gitu merasakan kehamilan, ngejus tiap hari, lanjut aer kacang ijo rebus, tak lupa sayur katuk. Kegiatan sehari hari pun diisi dengan mengejar khatam quran, menyulam dan mendengarkan musik klasik. Pret -_-

Pernah suatu siang dengan badan lemah tak berdaya dan perut mual level 9 saya hanya bisa di kamar menerawang, kok hamil gini banget. Dan semua anggota keluarga dari mama tante hingga nenek bilang..emang gitu kakak, ga bisa diapa-apain. Tunggu aja pas mau 4 bulan nanti ilang sendiri..

Dan inilah beberapa perubahan yang saya alami selama kehamilan pertama di trimester pertama ini:

1. Mual
Bok, ini gaenak bangeet suwer, berdiri pusing, duduk eneg, tidur begah. Saya pernah merasakan mabuk kendaraan waktu kecil, rasanya stress berat seperti ada benda besar yang mau dikeluarkan dari perut, dan mabok yang bisa diobatin antimo gak ada apa apanya dibandingkan mabok hamil pemirsa.. kalo kata mbak Leija "inikah rasanya main kora-kora selama 24 jam" HAHAHAHA

2. Muntah
Sebentar, saya nangis darah dulu... *drama queen*
mak, tapi muntah ini sungguh membuat saya sedih, sedih karena apapun yang masuk pasti keluar lagi dan gak akan berhenti kalo isi perut saya belum habis. buat yang doyan pedes harus hati-hati karena seringnya pas muntah pagi itu yang keluar asam lambung. sedih mak ampe beberapa menit sampe jongkok di depan kloset ngeluarin isi perut, selesai selesai lemes dan cuma bisa ngegeletak di kasur :(

3. Kehilangan selera makan
dan benar adanya, perasaaan takut gemuk itu ngga ada ngerinya dibandingin ngga ngerasain nikmatnya makan.. kelihatannya sepele, tapi makan itu hal paling essensial dari keseharian orang yang hidup. tawarin saya apapun makanan paling enak di dunia.. gak kepengen :(


4. Lemah letih, lesu, loyo
Kalo pagi, ini badan ga bisa digerakin. cuma ujung jari aja bisa naik dikit *horor*

Tante saya bilang hamil itu harus produktif supaya anaknya nggak jadi pemalas. Oke, ayo kita cari aktivitas.. bok, jalan dari kamar ke kamar mandi aja rasanya udah kayak musafir berkelana di padang pasir, mau banyakin ibadah solat sunnah, Masyaallah solat wajib aja gue duduk...
Dan akhirnya saya hanya bisa menyerah ditemani sajian siang malam dari Starworld.. Remote TV, ayo kita berteman :*


5. Sensitif terhadap bau
Ini aneh beneran, kalo deket suami saya mual (padahal doi wangi wangi aja), kecium aroma sabun mandi saya mual, nyium bau rumah sendiri aja saya stress, gausah pake acara masak lah buka pintu dapur aja horor. Bau-bauan bagi saya cukuplah kayu putih, dettol dan sabun bayi.

Urusan masak sempet jadi pikiran karena saya emang sehari-harinya kita makan masakan rumah, harga makanan di Bpn mahal gilak, bubur ayam yang standarnya di jkt 7000 aja disini bisa jadi duapuluh rebu @_@.  Jadi saat hamil awal-awal kemaren suami saya bawaain makan pas jam istirhat dan pulang kerja (cuamikuuu..)

Tapi jangan sedih pemirsa, kita gak pernah sendirian. Penelitian mengatakan hanya 2 dari 10 orang hamil yang tidak merasakan kutukan mual muntah loyo.
Saya mah cemen, belum ada apa-apanya. Ada yang selama 6 bulan bahkan sampai anaknya lahir menderita begitu.  Disebutkan bahwa tubuh kita emang sedang beradaptasi terbadap mahluk baru yang tumbuh di tubuh kita, tapi kenapa kaga enak bangeet? kata dokter, makin mual makin bagus, pertanda bahwa kehamilan berkembang, dan wanita yang mual pada saat hamil terlindung dari resiko keguguran. Iya nak, kamu sehat mama lemas :)))

Kalo googling banyak tips buat nguranginnya, you name it, dari yang medis sampe yang religius, dari minum yang anget-anget, jahe, sampe senam kecil. Dari zikir sampe ikhlas trus pasrah. Pasrah deh guee hahaha.
Tapi emang mesti nerima dulu, kalo gak mau nerima bisa makin setres. Nerima aja bahwa ini proses (kapan selesainya T_T), nerima aja bahwa gak sia-sia perempuan ngerasain hal seperti ini, nerima aja kita banyak dosa, sakit kayak gini baru tester siksa kecil, bukan berarti gak ikhlas loh, tapi manusia memang gak ada yang bersih, rasa sakit kitapun tanda Dia sayang. :)
Dan saya sangat terhibur baca cerita dari ibu-ibu lain, bukannya berbahagia ditas penderitaan orang lain, tapi lebih ke rasa seneng karena saya punya teman (toss virtual), seneng karena ada orang yang sama-sama bisa ngetawain kutukan ini, dan lega karena emang nobody's perfect. Credit to Ms. Leija and Ms. Fifi Alvianto

Kalo udah bisa nerima ya ringanin ketidaknyamanannya sesuai dengan kenyamanan kita masing-masing. Saya udah macem bocah ngelem kemana-mana nempelin minyak kayu putih ke idung, kalo lagi muntah minta ditemenin suami sambil dia bantu puk puk di punggung supaya gampang keluarnya, gak bisa masak yaudah mudah-mudahan rejeki kami dicukupkan untuk beli makan di luar, kalo kuatnya cuma makan Indomie yaudah daripada gak diisi sama sekali (elu aja yang doyan),  gak bisa makan yaudah cuma bisa berdoa supaya Allah yang ngasih dia kekuatan,  gak bisa ibadah pol yaudah toh orang sakit sedikit aja ibadahnya udah diganjar berkali-kali lipat.
Sisanya, mari kita tidur.

--------

Awal Januari 2014

I can't take it anymore.
Udah 3 minggu saya di Jakarta ikut suami yang lagi tugas. Saat itu masih nyoba bertahan tapi sepertinya mertua udah khawatir banget takut kenapa-napa. Saya ke UGD RS Bintaro dan diputuskan saat itu harus dirawat.
Ya Allah.. diinfus itu enak banget yaaaaaa, indah banget bisa ngerasa seger pecicilan lagi. Bisa bangun pagi, bisa solat subuh pake ngaji. Bisa makan lahap (waktu yang ditunggu-tunggu adalah jam makan, baru dateng aja langsung gw samber)


---------

Weekend kemarin saya sudah dibolehin pulang ke Balikpapan.

Kehamilan udah masuk minggu ke 13 tandanya saya pelan-pelan sudah meninggalkan trimester pertama. Normalnya di Minggu ke 18 keadaan akan jauh membaik.
Alhamdulillah nggak terkira, pas sampe di rumah gak horor lagi sama aroma rumah, saya udah mau ke pasar dengan ditahan sedikit penciumannya, udah mau masak lagi..

Hari pertama langsung bikin makanan yang udah berbulan-bulan gak saya rasain, makanan rumah yang biasa dibuatkan mama orang padang pada umumnya di rumah : Balado.
Saya bikin balado terong pake ikan asin, kentang dan pete. Trus sama tumis toge pake tahu buat sayurnya. Yassalam itu nambahnya ampe tiga kali, kayak anak ga pernah dikasi makan :)))

Mas nanta, ibu, mama, itu senengnya kayak apa gitu tau saya udah bisa makan. Tuhan itu blessingnya luar biasa detail, tapi setelah fase kemarin saya baru nyadar, ternyata banyaaaak banget hal yang selalu lupa kita syukuri, pas diambil sebentar aja..mamam noh! langsung teler..

Saya harus bisa ngingetin diri sendiri, don't sweat small stuff, karena sesusah-susahnya pasti masih ada sedikit nikmat yang kalau niscaya diambil sama Tuhan pasti kita ga bisa apa-apa. 3 bulan ini kayak abis brainwash, saya ngeliat hidup dari sudut pandang yang jauh berbeda, padahal gak ada perubahan signifikan tapi saya baru nyadar kalo hidup saya ternyata bahagia banget. Yang awalnya bete karena BPN beda sama JKT, yang awalnya ngerasa BPN gak asik, dan saya suka menggerutui hal-hal nggak perlu akhirnya nyadar bahwa saya baik baik aja kok sebenernya. udah syukur banget.

Dan selama kita menderita jadi tau bahwa orang-orang terdekat itu sayang banget sama kita, tanda Allah emang sayang sama kita sampe dititipin perasaan itu ke beberapa orang.
Gak pernah ngeliat mas nanta bisa disuruh-suruh  siaga dan care luar biasa, saking dia kasiannya sama saya (dan kondisi rumah yang kayak abin angin badai) tiap pagi piring udah bersih dan nasi udah mateng *ini istri kok kurang ajar:))), Gak pernah liat ibu nanta sampe bela-belain ngapain aja biar mantunya sehat dan mau makan, Gak pernah mama ampe nelpon tiga hari sekali (udah kayak minum obat) nyemangatin dan ngajarin Shafira ngomong "cepat cembuh kak Nanda, jangan syakit syakit kak Nanda"

---------

Anakku, benar adanya kamu memang berkah, makasih ya sayang udah ngajarin mama buat ngga egois, ngajarin mama buat bersyukur, ngingetin mama tentang kasih sayang, ngingetin mama untuk gak lalai mendoakan kamu dan keluarga kita.
Jadi anak soleh ya nak :*

Komentar

Postingan Populer