Hongkong Trip Day IV

Bangun pagi di hari ke4 kaki saya nyut-nyutan gak karuan, mungkin gara-gara terlalu heboh jalan jalan di Disnilen, sepulangnya saya dari sana kemarin sempet ngobrol sama nanta mau kemana esok harinya, kita gaya banget kayak masih punya banyak waktu aja, sebenernya dari list itinerary emang banyak yang belum dikunjungi jd saya pengen namatin dulu gitu.

Sebelum pergi kita ngecek dulu berapa sisa persediaan uang dan ternyata sudah menipiiiss, bingung mau ngambil duit dimana secara gak semua ATM bisa pengambilan internasional. iseng masuk HSBC eh bisa lhooo, kita ambil 1000HKD lagi buat jaga - jaga sampe hari terakhir.




Hari itu saya penasaran banget pengen ke Big Buddha, jadi yuk deh kita kesana aja :D

Lokasinya Big Buddha ada di lantau island, melewati beberapa bukit, untuk sampe kesana kita berhenti di ujungnya stasion Tuen Wan yang saya pikir bakal ala pedesaan eh ternyata engga looh justru modern banget, I mean disitu baru deh saya liat kehidupan wilayah hongkong yang bayak keluarga bule ngumpul sama anak sekolahan dari berbagai ras, kayaknya itu area suburbnya kalik ya.

Sampe di Tsuen Wan central langsung kelihatan jelas stasiun cable car untuk menuju  Big Buddha, tinggal naik escalator aja. Paketnya banyak dengan macem-macem pilihan untuk mengunjungi authentic hongkong culture tour, ada yang buat seharian ke idyllic villagenya nelayan hongkong, nyicipin kue tradisional dll.

Tiketnya rada mahal sih sekitar 200 HKD, yang lebih mahal sih yang crystal clear car jadi si kereta gantungnya bening gitu jadi bisa melihat seluruh pemandangan (mak gua yang kagak bening aja ngeri).








Look! it's Airport

muka ketakutan
 Sebagai orang yang takut ketinggian saya bener2 bener setres, iya sih pemandangannya keren abis, tapi kok tinggi banget?? Kok gak sampe-sampe jugaakkk?!! yaabisnya ditempat bersandar cuma pake ram kawat jd angin dinginnya masuk, lah klo ramnya jebol gemanaa

Akhirya setelah melewati berebapa bukit, komat-kamit berdoa, kriyep-kriyep (dan pake adegan tidur betulan) terlihat om Buddha lagi duduk di ujung sana.

salamlekoom
dan nggak lama kemudian kita tiba di daerah tempat om Buddha berada, Ngong Ping! (nanta mengartikannya sebagai singkatan dari beNGONG diPINGgir) apose -__-"



Karena tempatnya memang dikelilingi perbukitan suasananya jadi adem gitu, dan bagusnya pemerintah Hongkong untuk melestarikan statue budaya ya dengan melengkapi Big Buddha dengan Ngong Ping themed village yang suasananya dibikin sedemikian rupa seperti layaknya desa-desa otentik di cina (beda dong nek sama cibubur) tapi isinya ya tetep support kebutuhan turis International,.

Sekilas saya pikir ini tempat kayak buat Buddhist 'naik haji' mungkin ya, emang banyak biksu biksu yang dateng mau berdoa, tapi gak sedikit juga turis muslim spt dari India, Malay dan tentunya Indonesia, salah satunya dibuktikan dengan adanya halal resto disana.

Setelah perut kenyang kita jalan masuk mau menuju ke deket statue, tapi jalannya pelaaan banget dan tiap meter berhenti karena kaki saya sakit, kerasa nyut nyutnya sih dari subuh tapi kan show must go on ya mak, ternyata malah nambah parah T___T




Dengan keterbatasan kaki ya kita jalan apa adanya aja gak pake lari-larian toh di Ngong Ping tempatnya emang tenang. Sebenernya saya pingin nak ke atas cium tangan sama oom Budha tapi ya jalan aja susah
-__-.





















Kita gak lama di Ngong Ping karena hari itu jadwalnya ganti hotel, bukannya apa-apa sik di HK harga hotel kalo weekend mak gila gak sanggup bayarnya jadi para pelacong sebaiknya ya pilih waktu weekdays aja. kalau murah dengan kualitas oke ya mesti tinggal jauh dari pusat kota, asal punya jiwa petualang naik turun kereta gapapa toh? :)))


Rekomendasi saya adalah regal riverside hotel di daerah Shatin, dengan harga murah kita bisa dapetin hotel yang cukup decent, kalo pemirsa ada niatan nonton pacuan kudanya Hongkong tempatnya deket situ. enaknya lagi Regal hotel itu cabangnya banyak, mereka nyediain shuttle bus ke setiap cabang hotel yang lokasinya udah di pusat kota, ongkosnya 10HKD aja, praktis banget daripada mesti jalan kaki ke stasion MTR hahahaha *pijit kaki*

Setelah jajan dan puas ngesot muterin Ngong Ping kita balik ke Tsuen Wan untuk ngambil koper dan pindah hotel, Mas Nanta baik banget nyuruh saya nunggu di stasiun aja.

tangan kiri mijit kaki, tangan kanan megang talenan
Saya dan kangmas ganti kereta seitar 4-5 kali, deket deket tapi sering, total durasinya sekitar setengah jam. Pas udah menjelang gelap akhirnya sampe juga kita di daerah situ, nanta nyoba ngetrace aja kira-kira jalannya lewat mana padahal internet ga ada. Di persimpangan jalan yang rada ngebingungin kita ketemu ibu muda sama dua anaknya, kita nanya alamat yang dituju dan dia ngasih tau. Saya jalan masih terseok-seok, di deket saya ada ibu tadi, anaknya yang agak besar ngedorong adiknya di dalem stroller. Kayaknya dia kasian liat kita teler dan clueless, dia nawarin untuk nganterin sampe deket hotel padahal rumah doi gak searah loh, baik banget kaaan :') 

Hongkong halal food list bisa gampang didapetin di internet kita bisa download pdfnya dan save di smartphone. Saya seneng banget di listnya untuk daerah shatin halal food itu ada di Regal Riverside hotel, setelah naro barang dan bersih-bersih kita turun ke lobby, ngapain lagi kalo bukan mau mamam. Masuk restoran ada info menu makanan Indonesia dan South East Asia, seneng banget dong kita :D

Nanta pesen nasi opor ayam, saya cari aman pesen nasgor, sambil nuggu kita liat-liat buku menu, saya mengerenyitkan dahi, kok ada menu babinya ya.. wah gemblung ini yang ngasih rekomendasi! katanya halal. Yah tapi udah pesen, dan disini gak ada pilihan lain..
Setelah setengah jam pesenan kita dateng, opor ayamnya nanta persis rasa dan bentuknya kayak kari india (kasian.. padahal dia bayangin opor ayam bikinan eyang) sedangkan nasi goreng saya tempting banget, posi gede, aroma terasi, pake acar, sable, kerupuk udang dan sate bumbu kacang.. wait sate apa dulu?
saya masih belum ngeh, mikirnya itu sate ayam.. kunyak -kunyah kok rada chewy dan cenderung alot ya, ayam kagak mungkin begini teksturnya kalo sapi gak mungkin putih dagingnya. saya nyuruh nanta nyoba tapi dia juga gak yakin itu apa.
Mendadak suasana jadi horor, monyong! ini kok gua dikasih biba >.<

Saya bukan sok-sokan juga sih, alesan pertama ya emang kalo bisa halal gimanapun caranya harus diusahain, Tuhan memang memudahkan kalo situasi dan kondisinya gak memungkinkan, tapi saya ngeliatya aja udah mual, kalo ada temen-temen muslim yang pernah makan dan bilang itu enak no way dehh @_@
dan satu hal yang paling ngerepotin saya sebagai turis muslim disini ya masalah makan ini disamping saya memang picky eater by nature (gak bakat tinggal di luar negri hahaha)

Akhirnya (dan kenapa baru kepikiran) saya beli mie instan aja, kalo di supermarket hongkong yang rada gede kayak welcomm gitu biasanya ada indomie goreng indonesia. dan untuk melampiaskan keinginan akan yang tak tersalurkan malam itu..kita pesta indomieeee \o/

Komentar

Postingan Populer