Jilbab



Ternyata tidak mudah membuat tulisan tentang jilbab. tulisan ini sudah saya posting sebelumnya tetapi kemudian terasa kurang pas sehingga akhirnya saya mencoba untuk menulis lagi.

sekarang saya berjilbab karena kemauan dari hati sendiri, tidak ada yang memaksa.
bukan mencari excuse, buat perempuan yang besar di lingkungan dengan peer pressure tinggi dan baru mulai tutup aurat di usia ketika beranjak dewasa, pake jilbab itu butuh struggle.

entah ini hanya terjadi pada saya, di awal rasanya kadang pengen tampil enak diliat, saya ini dari sananya sudah dengan bawaan 'seperti ibu-ibu' (read: emak-emak). pake jilbab tentunya menambah aura ke-ibu2an saya.
disaat orang-orang dimasa menjelang dewasa sedang ranum-ranumnya, saya sedang 'belajar menutup aurat'

di awal tahun pertama, sungguh pemirsa ke-istiqomahan saya benar-benar diuji di kala itu. dengan pengaruh setan yang sedang kuat-kuatnya dibisikkannya lah telinga saya bahwa banyak yang melihat saya kurang enak dan kurang 'pengenin' lagi.

mungkin bisa dianalogikan seperti fase cold turkey ketika orang belajar berhenti merokok.


ada yang bilang pake jilbab itu mudah, lebih sulit menjilbabi prilaku.
bagi saya keduanya perlu effort, dan menjilbabi prilaku salah satunya bisa dimulai dengan menjilbabi badan, dan ternyata memang terasa, sudah hampir dua tahun mengenakannya dan saya merasa nyaman berpakaian santun. mengurangi pandangan orang yang appearance oriented dan bersyukur karena sudah jadi bagian dari orang orang yang menjalankan perintah Tuhan.

anyway, semua orang punya keyakinan masing-masing kan jangankan yang beda agama. yang sama-sama islam saja punya pendapatnya sendiri tentang menutup aurat.
dan sayapun tidak menghakimi ya. seperti yang pernah diajarkan guru agama, ibadah harus menjadi akhlak. yang tidak berjilbab bukan berarti tidak lebih santun. sedangkan yang berjilbab seharusnya mencerminkan cara berpakaian ke prilakunya, jadilah contoh yang baik, jaga sikap, bicara, dan prilaku. dont bitching around.

so if you think wearing jilbab is still uninterested to see, comeback to our willingness.
you want make people respect or make people got arouse?

good appearance doesn't always mean 'inviting'. I want to get respected as a human being, as a decent women.

Komentar

Postingan Populer